Berita Terkini

Nikki Haley Sebut Perang Dunia III Jika Ukraina Kalah Perang

[ad_1]

loading…

Bakal calon presiden Amerika Serikat Nikki Haley mengatakan membiarkan Ukraina kalah perang dari Rusia akan menjadi Perang Dunia III. Foto/REUTERS

WASHINGTON – Nikki Haley, bakal calon presiden Amerika Serikat (AS), mengatakan membiarkan Ukraina kalah dari Rusia di medan perang akan memicu Perang Dunia III.

Politisi Partai Republik yang juga mantan gubernur South Carolina itu mengatakan kepada audiens di sebuah balai kota di Iowa pada hari Minggu bahwa mempersenjatai Kyiv adalah tentang mencegah perang dengan mengirim pesan ke rival-rival Amerika.

“Ketika Ukraina menang, itu mengirim pesan ke China dengan Taiwan, mengirim pesan ke Iran yang ingin membuat bom [nuklir], mengirimkan pesan ke Korea Utara yang menguji rudal balistik, mengirim pesan ke Rusia bahwa ini sudah berakhir,” paparnya, seperti dikutip The Hill, Selasa (6/6/2023).

“Adalah demi kepentingan terbaik Amerika, demi kepentingan terbaik keamanan nasional kita bagi Ukraina untuk menang. Kita harus menyelesaikan ini, kita harus menyelesaikannya,” ujar Haley.

Mengenai bagaimana perang Rusia-Ukraina akan berakhir, Haley kurang terbuka.

“Itu akan berakhir dalam satu hari jika Rusia menarik diri,” sarannya. “Jika Ukraina menarik diri, maka kita semua melihat perang dunia.”

Untuk mencegah perang dunia, kata dia, Kyiv membutuhkan senjata—banyak sekali.

“Kemenangan untuk Ukraina adalah kemenangan bagi kita semua, karena para tiran memberi tahu kita dengan tepat apa yang akan mereka lakukan,” lanjut Haley.

“Rusia mengatakan Polandia dan Baltik adalah yang berikutnya, jika Ukraina jatuh. Jika itu terjadi, kita sedang melihat perang dunia,” imbuh dia.

[ad_2]

Source link