Berita Terkini

Wakil Kepala BIN Pastikan Gedung PYCH Siap Diresmikan

Wakil Kepala BIN Pastikan Gedung PYCH Siap Diresmikan
Wakil Kepala BIN Pastikan Gedung PYCH Siap Diresmikan

[ad_1]

JawaPos.com – Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Letjen TNI (Purn) Teddy Lhaksmana Widya Kusuma meninjau persiapan peresmian gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (28/2). Dia mengecek semua aspek dalam persiapan, termasuk satu persatu ruangan, untuk memastikan seluruh persiapan peresmian dilakukan dengan sempurna.

Waka BIN didampingi Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Made Kartikajaya, Staf Ahli BIN, Mayjen TNI Mujahidin, Kabinda Papua Mayjen TNI (Purn) Gustav Agus Irianto, serta Staf Hhusus Waka BIN, Prof. Imron Cotan. Hadir pula para Pengurus Papua Muda Inspiratif (PMI).

Waka BIN Teddy  meninjau fasilitas bagi anak muda Papua dalam mengembangkan minat bakatnya, seperti ruangan studio podcast yang sudah bisa digunakan, ruang seni dan hiburan yang di dalamnya sudah ada studio foto. Waka BIN sempat berfoto bersama dengan anak-anak muda Papua.

Lalu, pengecekkan ruangan bahasa, ruang coding dan programming, ruangan pelatihan, ruang kelas, PYCH Cafe, ruang serbaguna, ruang pemasaran, asrama, lapangan basket hingga futsal. Dia mengapresiasi bangunan hingga fasilitas yang ada di gedung PYCH. Ia turut memuji produk-produk UMKM anak muda Papua dan sejumlah aplikasi yang dibuat anak PMI.

Teddy juga berinteraksi dengan sejumlah pengurus PMI dan anak muda Papua. Lulusan Akademi Militer Tahun 1983 itu memberikan semangat kepada anak muda Papua agar terus kreatif, terus belajar, mengabdi dan berkontribusi untuk Indonesia.

Anak muda Papua menyambut baik dan antusias memyambut kedatangan Waka BIN bersama rombongan. Terlebih, kedatangan Waka BIN bersamaan dengan adanya lomba tarian khas Papua, yaitu tari Yosim Pancar (Yospan).

Lomba Yospan diikuti oleh 84 orang siswa-siswi SMA di Jayapura. 84 orang itu terbagi dalam 7 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 6 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Lomba ini merupakan pre-event menjelang peresmian gedung PYCH oleh Presiden Jokowi dalam waktu dekat.

Penanggung jawab lomba tari Yospan, Paulina Ruwayari mengaku senang dan semangat karena Waka BIN, Teddy beserta Made Kartikajaya, Mujahidin, Gustav dan jajaran BIN lainnya mengapresiasi dan melihat langsung lomba tari tersebut.

“Saya merasa senang, semangat, suka cita, karena pas di buat event ini, semua hadir. Terlebih khusus untuk Pak Waka BIN (Teddy Lhaksmana) yang hadir sore ini menyaksikan langsung lomba Yospan,” ujar Paulina yang juga anggota PMI tersebut di gedung PYCH lewat keterangan tertulisnya, Kamis (2/3).

Paulina juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Prof. Budi Gunawan atas dukungan pembangunan gedung PYCH, serta semua program yang dijalankan dan dirasakan oleh anak muda Papua.

Paulina mengajak anak muda Papua untuk memanfaatkan gedung yang megah dengan fasilitas lengkap ini untuk mengembangkan diri ini.

“Terima kasih banyak buat Bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Kepala BIN Budi Gunawan untuk hadiah gedung yang sangat luar biasa ini, karena kita anak-anak Papua sangat bersyukur memiliki gedung yang indah ini,” ucap Paulina sembari tersenyum bahagia.

Selain lomba tari, sebelumnya PMI juga menggelar lomba soundphoria kids 2. Lomba ini merupakan ajang pencarian bakat bernyanyi anak-anak Papua usia 7 sampai 12 tahun. Serta sejumlah pre-event lainnya, seperti audisi dancer, marching band hingga nanti akan ada kegiatan carnaval Papua Youth Creative Hub.

Diketahui, gedung PYCH yang dibangun megah, mewah dan bernuansa adat ini, nantinya akan digunakan dan dimanfaatkan PMI dalam menjalankan program kerjanya. PMI nantinya akan berkolaborasi, mengembangkan diri dan terus menjadi motor pengembangan SDM muda di Tanah Papua.



[ad_2]

Source link