Berita Terkini

Sebenarnya Bukan Soal Dinasti Politik Jokowi, Kaesang Memangnya Cocok Menjadi Wali Kota Depok?

[ad_1]

Pengamat Politik Rocky Gerung menyoroti kembalinya isu dinasti politik dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini muncul setelah adanya wacana majunya Kaesang Pangarep di Pilwalkot Depok 2024.

Menurut akademisi ini, sebenarnya masalah ini muncul bukan karena persoalan hubungan antara pengusaha muda itu dengan kepala negara yang merupakan ayahnya sendiri, namun lebih kepada kepantasannya untuk menjadi seorang wali kota di Indonesia.

Rocky mengatakan bahwa dinasti politik hanya akan menjadi masalah ketika orang-orang yang dalam siklus dinasti tersebut, mereka haruslah pantas untuk bergelut dalam dunia pemerintahan ini.

“Kalau dinasti itu bermutu, maka apapun orang persoalkan gak bakal jadi soal karena dia memang bermutu. Keluarganya itu didesain untuk masuk politik,” ungkapnya dalam sebuah video dalam Youtube Rocky Gerung Official, dikutip Suara Liberte, Selasa (20/6/2023).

Baca Juga:Kaesang Mau Maju Pilwalkot Depok, Buni Yani: Kota Depok Harus Dipimpin Orang Saleh, Bukan Manusia Planga-plongo

Majunya Kaesang menjadi kontroversi karena sosok tersebut dianggap belum memiliki kapasitas untuk menjadi seorang pejabat negara namun malah dipaksakan lewat cawe-cawe yang berpotensi dilakukan oleh Jokowi.

Hal inilah yang menjadi kekhawatiran banyak pihak, bagian buruk dari politik dinasti yang kerap menempatkan orang yang seharusnya tak ditempatkan pada jabatan tersebut.

“Ini bagian buruk dari politik dinasti, yakni memaksakan kehendak meski kapasitasnya tidak cukup, itu intinya,” jelasnya dalam video tersebut.

Baca Juga:Ngeri-ngeri Sedap! Rahasia Kaesang Pangarep Dibongkar Erina Gudono: Berlatih Beri Janji Manis Sejak Dulu

[ad_2]

Source link