Berita Terkini

Pendaftar Mudik Gratis Kelebihan 5 Ribu Orang, Dishub DKI Cari Sponsor yang Mau Sewakan Bus

Pendaftar Mudik Gratis Kelebihan 5 Ribu Orang, Dishub DKI Cari Sponsor yang Mau Sewakan Bus
Pendaftar Mudik Gratis Kelebihan 5 Ribu Orang, Dishub DKI Cari Sponsor yang Mau Sewakan Bus

[ad_1]

Suara.com – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut pihaknya telah menyelesaikan verifikasi pendaftar program mudik gratis. Hasilnya, kuota yang tersedia tak bisa menampung seluruh peminat program ini.

Syafrin menjelaskan setelah hasil verifikasi, pihaknya memastikan jumlah penumpang bus mudik gratis sebanyak 19.280 orang. Namun, terdapat kelebihan jumlah pendaftar sebanyak hampir 5 ribu orang.

“Mudik gratis jadi dari hasil verifikasi, itu dari 19.280 penumpang, ternyata yang animo Masyarakat ingin ikut total 24 ribu,” ujar Syafrin di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (12/4/2023).

Oleh karena itu, Syafrin menyebut pihaknya sedang mencari sponsor tambahan yang berminat menyewakan bus untuk pemudik yang tak kebagian kuota. Sasaran yang diajak bekerja sama seperti berbagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Baca Juga:
Akibat Keluarga Doyan Flexing, Pejabat Dishub DKI Massdes Arouffy Dirotasi Heru Budi

“Kami sedang lakukan koordinasi dengan stakeholder terkait, ada tidak yang memasukkan CSR. Contoh bank DKI sudah bersedia menyumbang lima bus,” tuturnya.

Sampai saat ini, Syafrin menyebut pihaknya masih membutuhkan 12 bus tambahan untuk menampung peminat yang tak kebagian kuota. Karena itu, ia berharap berbagai pihak dari BUMD hingga swasta bersedia menjadi sponsor.

“Jika ada yang berminat tentu kami kolaborasikan untuk masuk ke dalam pemberangkatan oleh pak Gubernur,” pungkasnya.

Mudik Gratis

Untuk diketahui, program Mudik Gratis 2023 Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyediakan 482 bus untuk mengakomodir 19.280 masyarakat Jakarta yang akan melakukan arus mudik dan arus balik dengan tujuan 19 kota/kabupaten Lampung, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Timur.

Baca Juga:
Mudik Gratis, 200 Orang Berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok Menuju Ambon dan Sorong

Rinciannya, Kota Bandar Lampung menjadi kota tujuan di Provinsi Lampung; Palembang di Sumatera Selatan; Kuningan dan Tasikmalaya di Jawa Barat; Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Sragen, Wonosobo dan Wonogiri di Provinsi Jawa Tengah; Kota Yogyakarta di Provinsi DIY; serta Madiun, Kediri, Jombang dan Malang di Provinsi Jawa Timur.

Untuk menekan banyaknya pemudik yang menggunakan sepeda motor pada arus mudik maupun balik, serta untuk menunjang mobilitas pemudik di kampung halaman, disediakan juga 23 truk yang dapat mengangkut sebanyak 690 unit sepeda motor pemudik dengan layanan sembilan kota/Kabupaten, yakni Kuningan, Tasikmalaya, Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Jombang dan Malang.



[ad_2]

Source link