Berita Terkini

CEK FAKTA: Sri Mulyani Digruduk DPR Usai Sebut Pemain Rp300 Triliun Sesungguhnya, Benarkah?

CEK FAKTA: Sri Mulyani Digruduk DPR Usai Sebut Pemain Rp300 Triliun Sesungguhnya, Benarkah?
CEK FAKTA: Sri Mulyani Digruduk DPR Usai Sebut Pemain Rp300 Triliun Sesungguhnya, Benarkah?

[ad_1]

Baru-baru ini beredar klaim Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani digruduk DPR usai sebut pemain Rp300 Triliun sesungguhnya.

Klaim Sri Mulyani digruduk DPR lantaran sebut pemain Rp300 Triliun sesungguhnya beredar melalui video yang diunggah kanal YouTube KABAR NEWS.

“GEGER MALAM INI || SRI MULYANI DI GRUDUK DPR USAI SEBUT P£MAIN 300 T SESUNGGUHNYA,” tulis narasi kanal YouTube terebut.

Lantas benarkah Sri Mulyani digruduk DPR lantaran sebut pemain Rp300 Triliun sesungguhnya? selengkapnya akan terjawab pada artikel ini.

Baca Juga:CEK FAKTA: Rumah Sri Mulyani Dikepung Tim Gabungan, Dijemput Paksa Buntut Gelapkan Rp349 Triliun

Penjelasan Cek Fakta

Video berisi klaim Sri Mulyani digruduk DPR lantaran sebut pemain Rp300 Triliun sesungguhnya diunggah kanal YouTube KABAR NEWS pada 26 April 2023. 

Sementara, pada thumbnail video tersebut tampak Sri Mulyani sedang dikelilingi oleh anggota DPR dan diminta agar mundur dari kabinet.

“SIDANG DPR MEMANAS !! SRI MULYANI DIGRUDUK AGAR MUNDUR DARI KABINET” tulis thumbnail video tersebut.

Namun setelah ditelusuri hingga akhir video, ternyata video tersebut dicuplik dari beberapa video lain yang tidak berkaitan.

Baca Juga:CEK FAKTA: Sri Mulyani Diusir dari Rapat di DPR RI, Anggota Dewan Sebut Tak Perlu Kedatangannya

Video pertama yang dicuplik adalah video pembahasan pernyataan Mahfud MD terkait transaksi janggal di Kemenkeu senilai Rp300 Triliun. 

Pernyataan tersebut dibahas bersama Saut Situmorang, Wakil Ketua KPK 2015-2019 yang disiarkan secara langsung oleh akun Youtube KOMPASTV pada sesi SAPA INDONESIA MALAM tanggal 9 Maret 2023 lalu.

“Temuan Baru Transaksi Janggal Rp300 Triliun, Apa yang Sebenarnya Terjadi di Kemenkeu?,” tulis judul tayangan tersebut.

Selanjutnya, video kedua yang diunggah adalah video Sri Mulyani saat menceritakan kronologi transaksi janggal di Kemenkeu pada rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI tanggal 27 Maret 2023 yang disiarkan langsung oleh akun Youtube KOMPASTV.

Sedangkan, video Ketiga yang dicuplik adalah video saat Menkopolhukam Mahfud MD saat rapat kerja dengan Komisi III DPR RI terkait transaksi janggal Rp349 Triliun di Kemenkeu. Rapat kerja tersebut disiarkan secara langsung di akun Youtube Kompas.com pada tanggal 29 Maret 2023.

Usai dilakukan penelusuran hasilnya menunjukkan jika foto tumbnail dan video yang diunggah merupakan hasil editan disertai dengan narasi yang menyesatkan. 

Dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI, Sri Mulyani menjelaskan kronologi transaksi janggal sebesar Rp349 Triliun di Kemenkeu. 

Tidak ada penggerudukan atau permintaan dari DPR agar Sri Mulyani mundur dari kabinet dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI seperti yang dinarasikan dalam video.

Kesimpulan

Mengacu pada penjelasan cek fakta di atas, video dengan klaim Sri Mulyani digruduk DPR lantaran sebut pemain Rp300 Triliun sesungguhnya adalah tidak benar. 

Hasil penelusuran menunjukkan foto tumbnail dan video yang diunggah merupakan hasil editan disertai dengan narasi yang menyesatkan. 

Tidak ada penggerudukan atau permintaan dari DPR agar Sri Mulyani mundur dari kabinet seperti yang dinarasikan dalam video. Karenanya video tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.


Loading…

[ad_2]

Source link