Berita Terkini

CEK FAKTA: Cristiano Ronaldo Bela Jokowi Mati-matian Soal Piala Dunia U-20, Lakukan Hal Ini Pada FIFA

[ad_1]

Kabar Indonesia yang gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 hingga kini masih menjadi sorotan publik.

Salah satu alasan Indonesia gagal menjadi Piala Dunia U-20 2023 yakni karna gelombang penolakan Timnas israel pada ajang sepak bola internasional itu.

Di tengah Indonesia gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 beredar klaim Cristiano Ronaldo mendukung Indonesia menolak Timnas Israel.

Sebuah video bahkan mengklaim Cristiano Ronaldo membela Jokowi mati-matian hingga melakukan hal ini ke FIFA. 

Baca Juga:Ustaz Adi Hidayat: Pelaku Maksiat Bertaubat Vs Orang Sholeh yang Tak Merasa Salah, Mana yang Lebih Dicintai Allah?

“BELA JOKOWI MATI-MATIAN !!! CRISTIANO RONALDO LAKUKAN INI PADA FIFA …” tulis narasi video yang diunggah akun Facebook Dunia tarkam indonesia.

Penjelasan Cek Fakta

Video berisi klaim Cristiano Ronaldo membela Jokowi mati-matian diunggah akun Facebook Dunia tarkam indonesia. 

Video tersebut juga mengunggah thumbnail video berisi foto yang menampilkan Presiden Jokowi, Presiden FIFA Gianni Infantino dan Cristiano Ronaldo bertemu.

Setelah dilakukan penelusuran, video yang menampilkan Presiden Jokowi, Presiden FIFA Gianni Infantino dan Cristiano Ronaldo bertemu dengan klaim bahwa Cristiano Ronaldo membela Presiden Jokowi mati-matian merupakan konten yang dimanipulasi.

Baca Juga:Ustaz Adi Hidayat Sebut Hidup Tergantung Kita Memandangnya, Boleh Menangis Tapi…

Video tersebut diketahui merupakan sebuah video editan. Foto dalam video yang menampilkan Presiden Jokowi, Presiden FIFA Gianni Infantino dan Cristiano Ronaldo itu merupakan foto hasil editan ketika Presiden Jokowi dan Gianni Infantino bertemu di Istana Merdeka pada Selasa, 18 Oktober 2022 dan tidak ada Cristiano Ronaldo pada pertemuan tersebut.

Foto pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden FIFA Gianni Infantino yang identik dimuat di artikel berita berjudul 

“Pesan Tulus Presiden FIFA untuk Indonesia di Depan Jokowi” yang dimuat di situs CNN Indonesia pada 18 Oktober 2022.

Kesimpulan

setelah dilakukan penelusuran tidak menemukan adanya pernyataan Cristiano Ronaldo terkait keputusan FIFA terhadap Indonesia.

Foto dalam video yang menampilkan Presiden Jokowi, Presiden FIFA Gianni Infantino dan Cristiano Ronaldo itu merupakan foto hasil editan.

Karenanya, dapat disimpulkan video tersebut merupakan konten dengan kategori konten yang dimanipulasi.


Loading…

[ad_2]

Source link