Berita Terkini

BMKG Temukan 22 Titik Panas Baru di Kalimatan Timur, Berikut Lokasinya

[ad_1]

BMKG Temukan 22 Titik Panas Baru di Kalimatan Timur, Berikut Lokasinya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi 22 titik panas yang tersebar di Kalimantan Timur. Foto: Natalia/JPNN

jpnn.com, KALIMANTAN TIMUR – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi 22 titik panas yang tersebar di Kalimantan Timur.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novrida mengajak kepada masyarakat agar selalu waspada agar tidak terjadi penambahan titik panas baru.

“Sebanyak 22 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga 17.00 WITA,” ujar Diyan Novrida di Balikpapan, Kamis (8/6).

Dia mengimbau agar masyarakat tidak membuang putung rokok sembarangan di lahan maupun hutan kerin.

Hal itu untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Pasalnya, kata dia, Kaltim saat ini mendekati musim kemarau, sehingga banyak ranting dan daun kering yang mudah terbakar.

Kemudian petani dan pekebun juga diimbau tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan.

Titik panas merupakan indikator kebakaran hutan atau lahan yang terdeteksi dari suatu lokasi yang memiliki suhu relatif tinggi dibandingkan suhu di sekitarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi 22 titik panas yang tersebar di Kalimantan Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News



[ad_2]

Source link