Berita Terkini

Alhamdulillah, JMM Sampaikan Kabar Gembira Terkait Tol Fungsional Solo-Yogyakarta

Alhamdulillah, JMM Sampaikan Kabar Gembira Terkait Tol Fungsional Solo-Yogyakarta
Alhamdulillah, JMM Sampaikan Kabar Gembira Terkait Tol Fungsional Solo-Yogyakarta

[ad_1]

Senin, 27 Maret 2023 – 13:55 WIB

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah), dan Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) saat meninjau tol Solo-Jogja pada Februari lalu. ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO – PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) berupaya memastikan tol fungsional Solo-Yogyakarta selesai sebelum Lebaran 2023 seiring dengan pengerjaan yang terus dilakukan.

General Manager Lahan dan Utilitas PT JMM Muhammad Amin mengatakan bahwa secara fungsional ruas Tol Solo-Yogyakarta akan dibuka mulai dari Kartasura hingga STA 6 di Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali.

“Pengerjaan terakhir adalah mengupayakan pengurangan timbunan, terus dilakukan pemadatan dengan ruas A dan B sampai di lantai kerja sebelum dicor (setebal) 30 cm,” katanya di Solo, Senin (27/3).

Dia mengatakan sesuai dengan imbauan pemerintah pengerjaan ditargetkan dapat selesai sebelum H-7 Lebaran 2023 sehingga saat H-7 ruas tersebut sudah dapat dilewati.

Secara teknis, kata dia, kendaraan dari arah barat yang akan melewati ruas tol fungsional tersebut keluar terlebih dulu di exit tol Colomadu.

Setelah melewati lampu merah, kendaraan kembali masuk ke badan jalan tol arah sawit.

“Fungsionalnya H-7 hingga H+7 Lebaran. Yang H-7 menuju Yogyakarta, sedangkan yang setelah Lebaran dari arah sebaliknya,” katanya.

Dia mengatakan panjang tol fungsional tersebut 6 km. Ruas tol fungsional tersebut diharapkan bisa memecah kemacetan di pertigaan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, yang biasa dilewati kendaraan dari arah barat baik dari tol maupun tidak menuju ke timur atau ke selatan.

Sementara itu, pihaknya juga akan menempatkan petugas di posko yang berada di exit tol Colomadu.

“Petugas disiapkan oleh Jasa Marga, di samping ada posko Lebaran di samping kiri lampu merah. Nanti yang bertugas buka tutup mereka,” katanya.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, rute Solo-Yogyakarta yang menjadi titik kepadatan tertinggi yakni di pertigaan Kartasura.

“Yang masih jadi frustrasi antara Kartasura-Yogyakarta ya. Jadi segera kami selesaikan supaya lebih lancar lagi,” katanya.(antara/jpnn)

PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) menyampaikan kabar gembira terkait tol fungsional Solo-Yogyakarta.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

[ad_2]

Source link