Berita Terkini

Agenda Sibuk Erick Thohir demi Kelancaran Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Agenda Sibuk Erick Thohir demi Kelancaran Tuan Rumah Piala Dunia U-20
Agenda Sibuk Erick Thohir demi Kelancaran Tuan Rumah Piala Dunia U-20

[ad_1]

JawaPos.com —Ketua Panitia Penyelenggara FIFA U-20 World Cup 2023 (LOC), Erick Thohir, akan turun gunung ke enam kota penyelenggara Piala Dunia U-20 2023.

Pria yang juga Menteri BUMN dan Ketua Umum PSSI itu bakal meninjau langsung kesiapan infrastruktur. Erick bakal didampingi oleh Zainudin Amali dan tim dari Kementerian PUPR.

Fokus utamanya memastikan renovasi sesuai jadwal, sehingga FIFA menyetujui penggunaannya pada event akbar yang akan berlangsung 20 Mei-11 Juni 2023.

“Besok, Sabtu (11/3/2023) saya akan mulai pergi ke Palembang dan Bandung, lalu Solo, dan juga Bali. Selanjutnya pada Senin (13/3/2023) meninjau Surabaya dan Jakarta. Saya akan melihat langsung proses renovasi infrastruktur, memastikan penyelesaian yang tertunda dan aneka pekerjaan rumah dari lapangan bisa dibereskan sebelum Piala Dunia U-20 bergulir,” terang Erick.

Saat kunjungan ke venue di Palembang dan Bandung, Erick juga ditemani Herman Deru (Gubernur Sumsel), Ridwan Kamil (Gubernur Jabar) serta Dadang Supriatna (Bupati Bandung). Sementara itu, saat menyambangi Solo, dia bakal didampingi Gibran Rakabuming (Wali Kota Solo).

Venue yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 2023, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Enam stadion di masing-masing kota ada empat lapangan latihan. Ini akan diaudit ulang pada 21-27 Maret 2022 oleh FIFA langsung. Erick tak ingin venue-venue itu gagal lolos verifikasi.

Erick juga memberikan update mengenai proses naturalisasi tiga pemain keturunan untuk timnas Indonesia U-20. Mereka adalah Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

“Suratnya sudah kita kirim dan Pak Presiden Joko Widodo sudah buat tembusan ke DPR. Saat ini DPR tengah menjalani masa reses. Rencananya pada 13 Maret semua berkas akan didorong ke DPR. Seperti apa prosesnya kita ikuti saja,” jelasnya.

Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick merupakan pemain keturunan yang diajukan Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi. Ketiganya lahir di Belanda.

Saat ini, Justin Hubner membela Wolverhampton Wanderers U-21 di Inggris. Sementara itu, Ivar Jenner bermain untuk Jong Utrecht di Belanda, dan Rafael Struick memperkuat ADO Den Haag di Belanda. Ketiganya disiapkan Shin Tae-yong untuk Piala Dunia U-20 2023 yang merupakan pesta sepak bola level usia terakbar di dunia itu.

Usai melakukan peninjauan infrastruktur Piala Dunia U-20, Erick beserta sejumlah anggota Komite Eksekutif (Exco) langsung terbang ke Rwanda untuk menghadiri Rapat FIFA. Dia akan ada di negara tersebut hinggga 17 Maret.

Erick juga bakal disibukkan dengan agenda Sarasehan Asosiasi Provinsi PSSI pada 19 Maret 2023 untuk membahas penyelenggaraan Piala Soeratin dan Pertiwi.

“Nanti pada 31 maret ada drawing Piala dunia U-20 di Bali. Agenda saya sangat padat. Mohon dukungan. Tadi juga pada saat rapat Exco kami membahas beberapa hal krusial,” ungkap Erick.

Agenda yang dibahas dalam rapat pengurus PSSI menyangkut persiapan FIFA Matchday pada Maret, Juni, dan November tahun ini.

“Kami sepakati buat agenda uji coba timnas Indonesia pada Juni dan November PSSI memulai negosiasi dengan kandidat negara calon lawan. Jangan lagi serba mendadak. Semua sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari,” katanya.

Khusus buat agenda uji coba pada Maret 2023, PSSI akan segera memutuskannya. “PSSI mendorong agar penyusunan jadwal uji coba di FIFA Matchday sudah rapi hingga tahun depan,” tuturnya.



[ad_2]

Source link